MAKANAN KHAS KOTA SALATIGA

MAKANAN KHAS SALATIGA

bagi yang suka wisata kuliner jangan lupa kota kecil yang penuh fantasi ini..Makanan khas merupakan salah satu kenangan yang akan dibawa pulang oleh pengunjung yang datang ke suatu daerah. Makanan khas Kota Salatiga sangat terkenal dan digemari banyak pengunjung seperti enting-enting gepuk, keripik paru, keripik usus, abon, dendeng sapi, ampyang (gula kacang), karak gendar, dan karak dele (kedelai). kripik paru dan masih banyak lagi..wah salatiga itu emang kota yang paling hot,tenang, dan sensual…wah gladrah..lanjut Makanan tersebut dijajakan di sudut-sudut kota di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Sukowati.
Selain makanan khas diatas, pengunjung dapat menikmati wedang rondhe dan jagung godhog (rebus) yang dijajakan di Jalan Jenderal Sudirman. Kota Salatiga juga terkenal dengan bakso babat dan Gudeg Bu Sukini.
SEKEDAR INFORMASI
Bagi rekan-rekan yang melakukan perjalanan baik ke Solo, Klaten, Boyolali atopun ke Kartosuro yang pasti melewati Kota Salatiga. Saya lupa nama jalannya, tapi di ujung kota setelah pasar Salatiga ada pertigaan kedua dan sebelum PT Damatex, yaitu deket rumahnya anggota PPMI namanya wintan anaknya pak RW namanya pak trisno..hahahah…eh saru..lanjut..persis disebelah kanan Lampu Bangjo (Traffic Light) ada Warung Bakso tapi bukan kaki lima, seperti kedai namun agak luas namanya Bakso Sapi Sari Roso ABC, bakso disini sudah terkenal sejak saya sendiri masih duduk di bangku SD.. jadi klo sampe sekarang udah sekitar hampr 15 tahun-an eksis dan masih tetep rame pelanggan walopun hari biasa maupun hari libur.

Yang membedakan bakso disini dan bakso yang pernah saya nikmati baik bakso gerobak,,bakso cilok,,sampai di Restoran khusus bakso adalah bahan bakso tersebut agak berbeda dari yang lain… bakso disini ukurannya termasuk golongan besar, tapi ga seperti bakso tenis… bahan dari tepung kanji dibatasi dan tanpa pengawet seperti borax… karena tepung kanji dibatasi setiap gigitan bakso dan rasa begitu lembut di lidah dan dagingnya lebih terasa… kuahnya juga tidak terasa hambar di lidah, benar-benar asli kaldu… gigitan demi gigitan, tau-tau uda habis…πŸ˜›
Selain itu pelayanannya cepet,baru aja nyampe mau duduk uda langsung disamperin pelayannya,, “Bakso brapa porsi? minum apa?” serta merta saya menjawab “3 porsi, 1 kosongan, 1 ga pake garam, 1 komplit pke mihun, minumnya es teh, teh anget, jeruk anget” Uda gitu di setiap meja terdapat nampan berisi cemilan tahu bakso lumayan besar.. sembari menikmati tahu bakso, belum sempet tahu bakso masuk ke mulut, tau-tau bakso uda datang dengan masing-masing porsi yang kami pesan..
Lalu setiap pelayan dan karyawan memakai seragam yang sama, saya saja baru nyadar setelah selesai membayar,hehe. ..
Harganya pun tidak terlalu mencekik leher,, 1 porsi bakso harganya 5000 rupiah, dan harga tahu baksonya 1 biji 1000 rupiah.. Namun perlu diperhatikan juga ttg harga minumannya menurut saya masih diatas rata2…
Es teh manis seharga 1500 rupiah, jeruk anget 2000 rupiah, softdrink 3500 rupiah…

Kalo mengenai rame ato tidaknya ga usah ditanya, yang jelas tiap hari selalu ramai.. bahkan jika jam makan siang pasti ga bakal kebagian tempat duduk, klo beruntung ya join-an sama orang… Klo nekat ya model prasmanan,, (makan sambil berdiri… uda kelaparan soalnyaπŸ˜‰ )

Sedikit menyinggung makanan khas Kota Salatiga, di dekat bakso tersebut setelah traffic light ada belokan ke kiri masuk sedikit kanan jalan ada rumah yang jual “Gethuk Monyet”.. Entah knapa asal muasal disebut gethuk monyet, bukan dari bentuknya mirip monyet, bukan juga gethuk rasa monyet…
Setelah ditelusuri yang jual disitu pelihara monyet betulan, mungkin ini karena asal muasalnya… mungkin juga jadi pelopor makanan khas di Kota Salatiga…

Mengenai rasa, memang khas banget, khas gethuk…. setiap pembelian musti order 1-2 hari sebelumnya,maksmima l ya 1-2jam sebelumnya.. . karena memang gethuk tidak bertahan lama… Kalo makanan lain ada enting-enting gepuk… dijual di pertokoan daerah pasar salatiga….

Regards,
Nur Adhi Nugroho

13 responses

25 02 2010
Juliet benny nugraha

Nasi goreng nya mana??? Sama sate sapi nanggulan… Di emperan pln,, mak nyuuusssss…..

1 03 2010
oslo3

weleh….hihik.jadi mali mas

22 03 2010
VARIED

SEMUA MAKANAN SALATIGA ENAK2

30 12 2010
Saschya Prabani

ada juga pecel madya kang ..πŸ˜€

10 05 2011
krishna

neng di kui mbar??

24 02 2011
Lusnando

Ada lagi, nasi goreng Pak Man, nasi goreng Pak Joko, nasi goreng Pak Sigit, warung makan Karto Ali (belakang Madya), gado – gado Monginsidi dan lain – lain. Makanan ringannya adalah enting – enting gepuk, getuk ketek, kripik paru, gorengan rolade / bayam, dan kawan – kawannya. Salatigaku memang indah, tidak seruwet Jakarta, dan Surabaya.

4 04 2011
oslo3

mantab

10 05 2011
krishna

pokoke mak nyuss..hahahahahaha

17 08 2011
kristian maulana

tambahan info…. lokasi di pertigaan ABC (sak Solotigo tau semua dech)
yang punya namanya mas Yanto (skrg sudah haji loh…)
duluuuu…. waktu aku masih sekolah jualannya masih pake tenda aku sering nyolong tahu isi baksonya… hua..ha..ha… ##maap ya pak kaji Yanto##

26 08 2011
djoek_kemenkeu

ada yang jual pecel sama koyor di jalan hasanuddin depan SD mangunsari. itu juga enak. meskipun aku udah 5 tahun di wamena, klo pulang selalu mampir kesitu

11 09 2011
widya

namanya salatiga kota kecil,tp skrg ga kecil lagi. ada lagi lho yg khusus….
mau tau????
pernah dengar bubur tumpang koyor? dulu di depan SD Sidorejolor 5 namane mbah sumini tp sekarang orge ud meninggal,tp klo pingin cari skarang ada di belakang toko Waringin klo pagi ato di pasar pagi.ditanggung murah,meriah tur manteb

29 09 2011
indah

Tahu Campur , kali taman maakkkkk nyoozzz…..

29 10 2011
Reza Ardiansyah

mantapppppppppppppppp………
isti…..mewa…………….πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: