Menilik Perbedaan Titan dan Smash

8 06 2010

SUZUKI Titan telah hadir, ikut bersanding dengan saudaranya, Smash. Dua motor besutan Suzuki ini ternyata memiliki beberapa perbedaan, meski tak mencolok.

Titan hadir di kelas 115 cc, sedang Smash, meski hanya naik 3 cc, menjadi 113 cc. Dari sisi dimensi juga tidak banyak berubah. Hanya saja jarak sumbu roda Titan lebih panjang 15 mm.

Namun, berdasar data PT SIS, bobot standar Titan lebih berat 4 kg dari Smash. Dan bila rem cakramnya menggunakan casting wheel, maka bobotnya bertambah 2 kg, hingga total beratnya 102 kg.

Lampu dan tudung depan sekilas mirip karena format lampu depan dan penempatan lampu sein pada tudung depan serupa. Namun, bagian belakang lampu depan Titan membulat, sedang Smash bersudut tajam. Posisi lampu sein berada dibawah dengan desain sepatbor depan yang berbeda.

Panel instrumen pada Titan didesain 3D, terdiri dua bagian, yaitu speedometer bulan dengan dasar putih, dan di dalamnya trip meter dengan dasar hitam. Indikator gigi, diposisikan mulai dari bawah, naik ke atas.

Bodi knalpot Smash hanya berlapis krom, sedang Titan polos tanpa aksentuasi seperti Smash. Format lampu belakangnya sama merah di tengah dan putih di samping. Namun ada sedikit perbedaan pada sudut-sudut lampunya. Behel atau pegangan Titan juga berlapis cat hitam.

Sedang dari sisi posisi mesin, Titan lebih tegak dengan katup lebih panjang. Pun dilengkapi dengan throttle position switch (TPS), yang sama diterapkan pada Shogun. Tipe mesin Titan yang long strike, bisa terlihat dari diameter silinder 51 mm dan langkah 55.2 mm atau lebih panjang 7.6 mm dari Smash 110 cc. Tenaga mesinnya digeber 0.1 PS, dengan torsi percepatan naik cukup besar, yaitu 1.7 Nm. Perubahan ini agar konsumsi bahan bakar lebih irit.

Perubahan mesin Titan ini memberi performa yang sedikit lebih baik dari Smash. Di Thailand, Titan disebut sebagai New Smash, sedang versi lama dengan mesin 110 disebut Smash Revo.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: