Potensi Wisata Rawa Pening

18 11 2009

Taman wisata danau Rawa Pening adalah berdekatan di dua daerah antara Kota Ambarawa, Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Bisa dikatakan bahwa Rawa Pening terbilang objek wisata yang masih minim dengan segala sarana dan prasaran fasilitas. Tetapi di obyek itu, udaranya sejuk dan relatif bebas polusi.

Hal ini dapat dimaklumi, mengingat lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran, dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, dan terdapat banyak perbukitan yang mengapitnya. Tidak jauh pula pemandangan gunung-gunung besar menghiasi, seperti Gunung Merbabu, Telomoyo dan Gajah Mungkut. Rawa Pening sendiri yang luasnya sekitar 2.670 hektar, terletak di sisi jalan yang menghubungkan Bawen, Tuntang Kabupaten Semarang dan Salatiga. Pada dasarnya wisata itu mudah dijangkau dengan angkutan umum maupun pribadi. Keindahannya yang mempesona, bukan hanya terletak pada airnya yang bening dan sejuk, tapi masih banyak lagi dan bakal terus menarik perhatian.

Terdapat pula taman rekreasi yang indah, yang berada di atas sebuah bukit di tepi danau. Antaranya yaitu wisata, seperti Tlogo, Lopait, Bukit Cinta, Muncul dan Asinan. Di sana ketika pada pagi hari, apabila bagi wisatwan berkunjung atau sekedar berekreasi bersama keluarga misalnya, banyak pula disediakan taman yang asri di areal wisata tersebut sehingga sangat cocok untuk bersinggah guna menikmati keindahan danaunya. Barangkali kalau belum cukup, pengunjung bisa menjelajahi hamparan air Rawa Pening dengan menggunakan perahu. Berkeliling danau dan melihat dari dekat banyaknya hamparan Enceng Gondok (Eichornia Crassipes) dan kehidupan nelayan di Rawa Pening tersebut. Biasanya ini pengunjung menyewa perahu dengan kapasitas 10 sampai 15 orang, sedangkan biaya sewa kisaran seharga Rp 25.000/jam.

Begitu pula bagi pengunjung yang sendang kelaparan, disediakan juga tempat-tempat untuk makan bersama keluarga di berbagai rumah makan dengan nuansa asri yang berada di kawasan itu. Tak mau ketinggalannya, banyak rumah makan sudah melengkapi fasilitas seperti kolam renang, gardu pandang, tempat permainan anak dan lain-lain. Bahkan ketika malam hari banyak orang yang datang ke wisata Rawa Pening untuk menikmati sajian ikan bakar. Ditambah di luar taman, banyak terdapat kedai dan rumah makan tradisional yang pada umumnya menyediakan menu ikan gurami bakar.

Tak sampai disitu, bagi pengunjung yang merasan sayang dan enggan untuk menikmati semua keindahan Rawa Pening hanya dalam sekejap, pengunjung bisa memilih tempat peristirahatan yang bertebaran. Terdapat banyak villa, losmen, wisma, bungalow, pesanggrahan dan hotel. Bahkan beberapa di antara hotel-hotel itu sudah memiliki fasilitas untuk berbagai keperluan seperti konvensi, seminar, rapat, lokakarya dan penataran. Lantaran apabila pengunjung kecapekan dan ingin melemaskan otot-otot, juga bisa mencoba pijat di panti-panti pijat yang tersebar mengisi hampir seluruh kawasan Rawa Pening. Tetapi yang paling penting dan yang tidak pernah ketinggalan dari lokasi wisata manapun, di sana juga terdapat pasar yang menjajakan hasil-hasil bumi khas daerah seperti buah dan sayuran segar yang sangat cocok buat oleh-oleh.

Hobi Foto
Sedangkan bagi pengunjung yang begitu demen/hobi fotografi, Rawa Pening adalah cocok untuk pengambilan gambar yang menawan. Keindahan di rawa itu sangatlah unik, terutama di pagi hari pada saat sunrise. Biasannya ketika pukul 05.00 pagi, pada saat sunrise pemandangan begitu menarik dan mengesankan. Dengan menunggu di dermaga tepi danau, para pehobi foto dapat memotret keindahan panorama Rawa Pening dari awal-awal terbitnya matahari. Konon suasana pagi di sana sangat misterius dan mistis, begitu indah untuk diabadikan lewat sebuah kamera.

Menjelang pagi ke siang, bagi wisatawan dapat melanjutkan hunting kegiatan foto dengan menaiki kapal yang disewakan di dermaga. Pada saat pagi seperti itu, para nelayan disana sedang aktif menjala dan mencari ikan di danau yang banyak terdapat eceng gondok tersebut. Alhasil, dalam pengambilan foto dapat menjadikannya salah satu objek foto yang lebih menarik lagi. Perlu diketahui, bahwa Rawa Pening sangatlah luas, terkadang saking asiknya mengambil gambar, akan merasa lupa waktu bahkan mungkin tidak akan terasa kalau matahari sudah bersinar tepat di atas.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: