Jantan Melalui Tebingmu

18 11 2009

Bouldering? bagi sebagian orang mungkin sangat asing mendengar istilah itu namun tidak untuk orang yang menggeluti dunia ekstrem satu ini di mana mengombinasikan antara petualangan dengan olahraga.

Siapa yang tidak mengetahui hobi satu ini, ya..panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang sekaligus menjadi hobi berbahaya yang dapat membuat Anda terluka serius atau bahkan kematian. Sehingga keselamatan Anda tergantung pada penilaian dan tindakan Anda yang didasari atas pelatihan, pengalaman dan kemampuan Anda memanjat.

Bouldering dianggap sebagai bentuk murni dari olah raga panjat tebing yaitu memanjat problem/ rute pendek yang kebanyakan tidak terlalu tinggi (sekitar 3m) tanpa tali pengaman. Biasanya rutenya horisontal/ menyamping. Pengaman yang digunakan biasanya crash pad atau matras empuk supaya pada saat jatuh atau kaki medarat tidak sakit/ terluka.

Setiap pemanjat biasanya memulai karir panjat tebingnya dari bouldering, kemudian toproping untuk jangka waktu yang cukup sampai dia percaya diri untuk beranjak ke lead climbing. Ada kesan bahwa predikat pemanjat sejati belum Anda dapatkan jikalau Anda belum mencapai ke Lead Climbing.

Bagi sebagian pria beranggapan ‘be great gentle by rock climbing’, ini dikarenakan untuk menjadi pemanjat Anda tidak memerlukan otot yang kuat dan modal yang besar, yang terpenting adalah minat. Kemauan yang keras, pantang menyerah dan dedikasi yang tinggi dapat menjadikan Anda pemanjat yang hebat. Namun demikian panjat tebing juga tidak sepenuhnya mengandalkan otot tangan. Pemanjat profesional adalah pemanjat yang pandai dengan teknik penempatan kaki.

Berbagai hal yang perlu Anda perhatikan untuk menekuni hobi panjat tebing ini antara lain seperti :
Keselamatan. Faktor keselamatan adalah hal utama yang perlu para pemanjat perhatikan seperti Pertolongan Pertama Pribadi (self rescue), peralatan ini dibagi menjadi 2 yaitu peralatan camping dan peralatan memanjat.

Medis dan pencegah luka. Untuk bisa lebih peka terhadap cikal bakal luka medis pintar-pintarlah mendengarkan bahasa tubuh Anda. Sebelum Anda benar-benar terluka biasanya saraf di bagian tubuh Anda memberikan signal dan tanda-tanda bahwa Anda sudah di luar batas toleransi.

Tanda-tanda (symptoms) tersebut bisa berupa kulit memerah, otot atau persendian terasa hangat, terdapat bengkak atau rasa sakit ringan yang sangat tidak biasa. kalau Anda dapat signal di atas segera berhenti memanjat dan istirahat untuk beberapa hari. Sedangkan kalau sudah terlanjur luka parah, Anda bisa mengambil tindakan yang sudah banyak dikenal di kalangan medis yaitu yang disingkat RICE. Kependekan dari Rest (Istirahat), Ice (Pake Es), Compression (Kompres) dan Elevation (Posisi badan yang sakit harus lebih tinggi dari jantung).

Pelajari dunia panjat tebing. Banyak sekali yang perlu Anda pelajari dalam dunia panjat tebing ini baik dari aneka macam memanjat, teknik memanjat, strategi dan training.

Pembuatan Rute/ Problem Baru. Jangan merubah permukaan tebing:
– memahat (chip) bebatuan untuk alasan apapun
– mengelem batu di muka tebing
– menggosok permukaan tebing secara agresif dan berlebihan

Pemasangan proteksi permanen (bolts hanger) dilakukan apabila rute tersebut tidak bisa dipanjat secara tradisional dengan menggunakan alat pengaman yang bisa dipasang-lepas. Penggunaan hanger yang warnanya sesuai dengan warna jenis batuan tebing akan lebih baik.
Penggunaan bor manual (menggunakan tangan) di beberapa tempat lebih disukai ketimbang penggunaan bor mesin (menggunakan baterei) yang sangat bising.

Peduli lingkungan. Etika Penelusuran Alam Tanpa Jejak (Leave No Trace) merupakan ide program para pengelola taman nasional di Montana, Wyoming dan Utah, Amerika serikat yang telah diresmikan pada tahun 1994 sebagai program etika para petualang alam tingkat nasional, akibat dari pengrusakan alam oleh orang-orang yang “mencintai” alam.

Melihat keadaan lingkungan yang kritis di taman nasional tersebut, maka diperlukan satu etika dan tehnik-tehnik yang bertanggung jawab untuk memelihara kelestarian dan keindahan alam yang dikunjungi.

Satu prinsip paling utama dalam aplikasi sederhana petualangan di alam terbuka yang harus sering dipraktekkan yaitu “Tidak membuang sampah sembarangan”.

Mencari informasi. Dapatkan informasi yang up-to-date sebanyak mungkin mengenai tebing dan lokasi pemanjatan jauh-jauh hari sebelum perjalanan dimulai.

Pemanjat hebat adalah pemanjat yang menikmati panjat memanjat dengan sepenuh hati tanpa peduli apa kata orang. Dia selalu berusaha memperbaiki tehnik dan meningkatkan kekuatannya untuk bisa lebih menyatu dengan bebatuan. Selalu rindu akan kembali ke tebing dan batuan besar untuk manjat. Merasa kagum dan takjub saat melihat tebing-tebing baru yang membentang dan terasa ingin menyentuh juga merayapinya.
(rockclimbing/Nv@)


Aksi

Information

One response

5 10 2010
TOMAS

benar2 hebat…saya suka gayamu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: