Teknik Budidaya dan Pembenihan Mandiri

4 11 2009

MENJAMURNYA gerai jagung manis membuat para pelaku usaha agrobisnis berlomba membuka lahan di sejumlah daerah. Ini diperlukan untuk memperkuat penetrasi pasar, baik dalam konsep waralaba maupun kerja sama penjualan (agen).

Anda pun bisa membuka usaha sweet corn cup, secara sederhana, asalkan memiliki lahan dan / atau menjadi perusahaan inti bagi sejumlah petani jagung manis. Benih bisa diselenggarakan sendiri, bisa juga membeli varietas-varietas yang ada di pasaran.

Misalnya varietas Penjalinan, Genjah, Kretek, Genjah Kertas, dan Bogor Comopsit-10 untuk penanaman di dataran rendah, serta Bastar Kuning, Bima, Pandu Kimia Putih, Rocol dan lain-lain untuk dataran tinggi.

Jika ditanam di tegalan, maka waktu penanaman sebaiknya pada musim labuhan atau awal musim hujan, yaitu September-November. Jika ditanam pada Desember, biasanya tanaman mudah terserang penyakit bulai (downy mildew) yang dapat mengakibatkan gagal panen.

Tentu saja penyiapan lahan sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Penanaman di tegalan juga dapat dilakukan pada musim marengan (musim hujan hampir berakhir), yaitu Februari – April.

Untuk lahan sawah, jagung bisa ditanam dalam tiga musim: labuhan (sebelum padi musim hujan ditanam), marengan (setelah padi musim hujan dipanen), dan pada musim kemarau.
Pengolahan Tanah

Saat pengolahan tanah, sebaiknya keadaan tanah tak terlalu basah tetapi cukup lembab, sehingga mudah dikerjakan dan tidak lengket. Tanah diolah hingga menjadi cukup gembur.
Pekerjaan menjadi lebih ringan jika kondisi tanah berpasir.

Tetapi apabila tanah terlalu basah, perlu dibuat dulu saluran penuntas air. Pembuatan saluran dan pembumbunan yang tepat bisa menghindari genangan air yang sangat merugikan pertumbuhan tanaman jagung.

Setelah pengolahan lahan, buatlah bedengan dengan panjang 10 meter dan lebar 1 meter. Di atas bedeng inilah bibit jagung manis akan ditanam. Usahakan jarak tanam antarbaris sekitar 25-30 cm.

Anda bisa membuat garis bantu dengan menggunakan benang/tali di atas lahan secara memanjang (10 m, sesuai panjang bedeng). Tujuannya adalah memudahkan lahan dicorak (dialur) untuk tempat menanam benih.

Mengapa dicorak, bukannya dilubangi? Hal ini untuk mencegah genangan air, terutama saat hujan deras, sehingga tidak akan menggenangi rumpun jagung.

Selanjutnya benih ditanam di atas larikan yang dibuat. Setiap corakan bisa diisi 2 -3 biji. Kelak, jika sudah berumur 2-3 minggu, pilihlah satu saja tanaman terbaik di setiap corakan.

Jika tanaman telah berumur tiga minggu, perlu segera dilakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang (kotoran ayam / kambing). Pada umur satu bulan, taburkan campuran pupuk urea dan TS, tetapi jangan terlalu dekat dengan tanaman jagung.

Sekitar 2-3 hari setelah pemupukan, lahan disiangi atau dibersihkan dari gulma/rumput pengganggu, dan jangan lupa masukan pada lorakan jagung (disaeurkeun).
Ketika berumur 1,5 bulan, setiap tanaman jagung diurug atau ditambah tanah agar tumbuh makin kokoh.

Setengah bulan kemudian, tanaman sudah mulai berbuah dan dapat dibedakan mana yang tumbuh besar / sehat dan mana yang kecil.

Tanaman yang pertumbuhannya lambat perlu dipupuk ulang dan diberi tambahan tanah (ditinggikan). Perlu juga diperiksa, apakah banyak daunnya yang berwarna putih kekuningan. Jika ada, harus segera dicabut karena itu pertanda tanaman terserang penyakit.
Pemanenan Setelah berumur tiga bulan, tanaman sudah bisa dipanen. Sebagian besar bisa dijual, dan sebagian kecil perlu dijadikan benih (kalau tidak mau membeli varietas di pasaran).

Jika hendak membenihkan sendiri, pilihlah jagung yang berukuran besar. Caranya dengan memberi tanda pada bagian ujung atau mengikat pohon jagung dengan daunnya. Selebihnya bisa dijual atau dikonsumsi sendiri.

Persyaratan lain, jagung yang akan dijadikan benih harus benar-benar sudah tua. Biarkan daunnya kering setelah penandaan pohon.

Bunga yang tinggi tak perlu dipotong. Kalau yang pendek bisa saja dipotong. Ini dimaksudkan agar benih
yang diperoleh bisa lebih baik.

Jika jagung sudah tua dan daunnya mengering benar, buah jagung untuk benih siap dipanen. Selanjutnya,
jagung dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari, agar kandungan airnya berkurang.

Setelah itu, kulit jagung (klobot) dibuka dan jagung dipipil. Benih jagung yang terkumpul dapat dimasukkan ke dalam botol atau wadah yang tertutup.

Sebelum biji jagung dimasukkan, wadah atau botol perlu diberi abu yang diolesi minyak tanah. Tujuannya untuk menghindari searangan kutu. Wadah ditutup rapat dan disimpan di tempat yang tak lembab.

Sekarang, benih jagung siap ditanam atau disimpan untuk beberapa waktu. Harga benih jagung manis di pasaran lumayan tinggi, sekitar Rp 65.000/kg. (Amanah-32)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: