Sedot Lemak Tanpa Operasi

4 11 2009

LEMAK memang menjadi momok bagi kaum perempuan yang mendambakan bentuk tubuh ideal, seperti pada waktu mudanya. Mereka yang berkantung tebal rela mengeluarkan biaya jutaan rupiah hanya untuk menguruskan badan.

Ada yang memakai jalan operasi, ada pula yang enggan menjalani operasi.

Salah satu teknik sedot lemak tanpa operasi adalah mesoterapi. Teknik ini dikembangkan Michel Pistor, dokter asal Prancis, tahun 1952.

Meski sudah dikenal lama, mesoterapi baru dimasukkan dalam kurikulum fakultas kedokteran pada 1987. Namun metode ini baru popular di AS tahun 2003. Dua tahun berikutnya mulai dikenal di Indonesia.

Mesoterapi adalah tindakan medis yang menggunakan teknologi elektroporasi menggunakan alat bernama acthyderm. Selain menghilangkan lemak tubuh (menurunkan berat badan), mesoterapi juga dapat menghilangkan flek, kantung mata, selulit, dan stretch mark, serta mengencangkan payudara dan kulit.

Berbeda dengan bedah kecantikan lainnya, mesoterapi tidak melalui proses operasi atau menggunakan jarum suntik, sehingga tak memerlukan anestesi dan rawat inap. Tekniknya dengan memasukkan sejumlah ekstrak tumbuhan alami, bahan homeopatik, vitamin, dan mineral ke dalam lapisan kulit tengah (mesoderm).

Material yang masuk ke lapisan mesoderm akan meningkatkan sirkulasi aliran darah, memperbaiki sistem limfatik, dan menghancurkan timbunan lemak dan kolesterol yang keluar secara alami melalui urine. (Amanah-32)

EECP, Terapi Jantung Koroner

EECP. atau enhanced external counter pulsation, kini menjadi salah satu terapi pilihan untuk penyakit jantung koroner. Pasalnya, terapi yang bisa menghilangkan penyumbatan pembuluh darah pada jantung koroner ini dilakukan tanpa operasi. Akibat penyumbatan tersebut, jantung tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penderita biasanya mengalami angina pectoris, yaitu nyeri dada atau perasaan berat, tidak enak, seperti tertekan yang disebabkan kurangnya pasokan darah ke otot jantung akibat pembuluh darah pada organ penting ini tersumbat dan menyempit.

Melalui EECP, Anda dapat menjalani terapi rawat jalan alias tidak perlu menginap di rumah sakit. Prinsip pengobatannya adalah membentuk bypass alamiah pada pembuluh darah jantung, sehingga area jantung yang pembuluh darahnya tersumbat bisa memeroleh lagi pembuluh darah baru sebagai kolateral dari pembuluh darah koroner utama.

Terapi ini harus diterapkan selama 36 kali berturut-turut setiap hari, masing-masing satu jam. Selain dapat memerbaiki aliran darah ke jantung, terapi ini bisa mengurangi nyeri dada,
meningkatkan kemampuan beraktivitas, meningkatkan energi tubuh, dan meningkatkan kualitas hidup penderita yang belum atau telah menjalani operasi sebelumnya.

Kini, EECP sudah diterapkan di berbagai negara seperti Amerika, Jerman, China, bahkan Indonesia. (Amanah-32)

Pro dan Kontra Bius Epidural

BANYAK ibu muda di zaman sekarang yang takut mengalami rasa sakit saat persalian, sehingga memilih operasi caesar. Sebagian lagi memilih persalinan alami, namun dengan perlakuan khusus.

Misal, melahirkan melalui media air, hypnobirthing, lamaze, metode Bradley, hingga teknik Aleksander. Bahkan ada pula yang menggunakan pembiusan, melalui teknik bius epidural.

Bius epidural kini memang menjadi ’’tren’’ di kalangan ibu-ibu untuk melahirkan dengan sedikit rasa sakit. Teknik ini dapat dilakukan pada persalinan normal maupun persalinan caesar. Berdasarkan riset The American College of Obstetricians and Gynecologists, bius epidural terbukti tidak menyebabkan nyeri pinggang bagian bawah secara menahun.

Selama ini memang muncul isu, bius epidural menyebabkan nyeri pingging bagian bawah yang me-nahun, terutama setahun pascapersalinan.

Bahkan pemberian anestesi pada pembukaan kurang dari 4 cm dapat meringankan rasa sakit selama persalinan. Hanya saja, studi terbaru dari Australia menyebutkan zat ki-mia dalam bius epidural memengaruhi masa menyusui.

Perempuan yang disuntik epidural mengalami masalah dalam pemberian ASI seminggu pascapersalinan. Bahkan kebanyakan ibu yang menjalani bius ini berhenti menyusui sebelum enam bulan. (Amanah-32)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: