DAPATKAH ANGGUR DITANAM DI POT

31 10 2009

1. SEJARAH SINGKAT Buah Anggur
Anggur merupakan tanaman buah berupa perrdu yang merambat. Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM. Dari Mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah Laut Hitam sampai Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Sejalan dengan perjalanan Columbus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke Mexico, Amerika Selatan, Afrika selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia. Penyebaran ini juga menjadikan Anggur punya beberapa sebutan seperti Grape di Eropa dan Amerika, orang China menyebut Pu tao dan di Indonesia disebut anggur.

2. JENIS TANAMAN
Anggur termasuk tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis dari marga ini dapat dimakan, yang bisa dimakan hanya dua jenis yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca.
Tanaman anggur jenis Vitis vinifera mempunyai ciri :
a) Kulit tipis, rasa manis dan segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut beriklim kering.
c) Termasuk jenis ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.
Tanaman anggur jenis Vitis labrusca mempunya ciri :
a) Kulit tebal, rasa masam dan kurang segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 900 m dpl.
c) Termasuk jenis ini adalah Brilliant, Delaware, Carman, Beacon dan Isabella.
Dari kedua jenis ini yang banyak dikembangkan di Indonesia dan direkomendasi oleh Departemen Pertanian sebagai jenis unggul adalah jenis Vitis vinifera dari varietas Anggur Probolinggo Biru dan Alphonso Lavalle. Namun ada juga yang dianjurkan ditanam antara lain Gross Collman, Probolinggo Putih, Isabella, Delaware, Chifung dan Australia.

3. MANFAAT TANAMAN
Anggur dimanfaatkan sebagai buah segar maupun untuk diolah sebagai jadi produk lain seperti minuman fermentasi hasil perasan anggur yang mengandung alkohol biasa disebut Wine, dikeringkan menjadi kismis dan untuk keperluan industri selai dan jeli.

4. SENTRA PENANAMAN
Di Indonesia sentra anggur terdapat di Jawa Timur (Probolinggo, Pasuruan, Situbondo), Bali dan Kupang (NTT).

5. SYARAT TUMBUH
5.1. Iklim
1) Tanaman anggur dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah, terutama di tepi tepi pantai, dengan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan.
2) Angin yang terlalu kencang kurang baik bagi anggur.
3) Curah hujan rata-rata 800 mm per tahun. Dan keadaan hujan yang terus menerus dapat merusak premordia/ bakal perbungaan yaitu tengah berlangsung serta dapat menimbulkan serangan hama dan penyakit.
4) Sebaiknya sinar matahari yang banyak/udara kering sangat baik bagi pertumbuhan vegetatif dan pembuahannya.
5) Suhu rata-rata maksimal siang hari 31 derajat C dan suhu rata-rata minimal malam hari 23 derajat C dengan kelembaban udara 75-80 %.
5.2. Media Tanam
1) Tanah yang baik untuk tanaman anggur adalah mengandung pasir, lempung berpasir, subur dan gembur, banyak mengandung humus dan hara yang dibutuhkan.
2) Derajat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya anggur adalah 7 (netral).
5.3. Ketinggian Tempat
Anggur akan tumbuh baik bila ditanam antara 5-1000 m dpl atau di daerah dataran rendah. Perbedaan ketinggian akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Jenis Vitis vinifera menghendaki ketinggian 1-300 m dpl. Jenis Vitis labrusca menghendaki ketinggian 1-800 m dpl.

SETELAH ANDA TAHU, MARI KITA BUDAY ANGGUR DALAM POT AGAR TANAMAN ANGGUR JUGA BISA SEBAGAI TANAMAN PENGHIAS RUMAH

Bertanam anngur dalam pot bisa menjadi alternatif bagi kita yang sama sekali tidak mempunya ipekarangan atau lahan yang luas,
Kelebihan menanam anggur dalam pot adalah mudah, perawatanya, pengendalian hama dan penyakitnya, serta mudah dipindah pindahkan.
bahkan jika ditekuni bisa menjadi bisnis yang menarik dan menguntungkan. tidak usah panjang lebar langsung mulai saj. karena say tipe orang yang tidak suka pelan :

langkah pertama
Siapkan Pot dari drum minyak atau aspal yang sudah dipotong menjadi 2 atau separo. kemudian lubangi drum tadi dibawahnya, kemudian kasih batu bata atau apa agar nanti waktu penyiraman tanahnya tidak keluar atau tergerus aliran air yang kita siramkan. tanaman anggur memang membutuhkan air yang cukup tetapi jika terlalu banyak air akarnya akan busuk dan menyebabkan mati. paham? lanjut
Langkah kedua
Menyiapkan media tanamnya. tanaman anggur biasanya tumbuh baik pada tanah yang gembur, atau kalo orang jawa bilang mawur, subur, mengandung banyak unsur hara, porous dan memiliki PH netral (pH 7). wes langsung saja
media yang dibutuhkan untuk dimasukan dalam drum pot tadi adalah : tanah merah atau yang suburlah, pasir, dan pupuk kandang yang paling baik kotoran ayam, lalu kelelawar, atau sapi juga siip kok tapi pupuknya dah keadaan matang lo, pupuk yang sudah matang ditandai dengan warnanya yang sudah berubah tidak berasa panasdan tidak begitu bau. takaran pencampuran 1 : 1 : 2 namun tidak hanya itu kalo bisa sedikit dikasih pupuk urea,

Jika semua sudah lalu bibit anggur yang diperoleh secara beli atau stek sendiri silahkan ditanam, syarat biar bisa tumbuh cepat merambat dikasihkan ditempat terbuka atau terkena sinar matahari penuh, dan kalo sudah merambat dibuatkan para-para atau tempat untuk meenempatkan cabang daun anggur.

Ini bagian yang terpenting dibaca dengan seksama

Pemangkasan untuk merangsang Pembungaan
Pembuahan tanaman anggur bisa dirangsang dengan pemangkasan tanaman. pemangkasan pertama kali dilakukan untuk membentuk tajuk tanaman anggur. selanjutnya pemangkasan bertujuan untuk merangsang pembuahan.
Pemangkasan untuk merangsang pembuahan pertama (dalam Pot) dilakukan ketika tanaman anggur berumur2 – 3 bulan sejak masa tanam. saat berumur 2-3 bulan itu pemangkasan dilakukan pada batang pokoknya agar membentuk bebrapa cabang dan ranting. selanjutnya jika sudah berumur satu tahun pemangkasan dilakukan sampai tanaman anggur kita hanya terlihat batang, ranting, cabangnya saja atau jelasnya daunya dihilangkan semua. paham?

Penjarangan
jika kita masuk swalayan kita kan melihat anggur yang besarnya sama dan bikin heks, itu caranya begini ;
jika tanaman anggur dalam pot kita berbuah dan banyak jangan sayang untuk melihat atau mengurangi jumlah buah tadi agar ya terihat seperti di supermarket tadi, kenapa harus dijarangkan? karena buah yang besarnya tidak sama dengan yang lainya itu mengandung penyakit, jadi daripada nuar mending dibuang tapi hasilnya wouw fantastis…..

Pengantian media tanam
agar tanaman anggur selalu menghasilkan atau berbuah, maka media tanam juga harus diganti, selain itu juga untuk meremajakan tanaman anngur. pergantian media tanam dalam pot idealnya setiap satu tahun sekali, tapi juga jangan lupa setiap bulan di buat tanahnya biar gembur. kalo orang jawa bilang didangir
sudah dulu saja. selamat mencoba…jika ditulis panjang2 juga belum tentu mudeng


Aksi

Information

5 responses

20 10 2010
sarah

sebelum makasih infonya.tp masih kurang infonya,kalau anggur perlu di berosong apa ngga?

19 11 2010
agromania

salam..
saat ini kami menjual CD dan buku panduan cara budidaya anggur yang benar. CD bukan berisi data atau ebook PDF, tetapi bagaimana prakteknya langsung dilapangan. jika berminat silahkan hubungi kami di 081911857815.

terima kasih

17 01 2011
ana

mksh bnhyak infnya,klo boleh sertakan dg gambra vemangkasan yg benar donk. mksh.

31 03 2011
Akin Tohari

Salam Kenal,,,Kami menawarkan Bibit anggur merah ,anggur ijo, dan anggur hitam
pemesanan sialahkan hub:Akin Tohari telp:085245244975
Terima kasih,,,,,,

4 04 2011
oslo3

selama ini kami mencari pasokan anggur bali untuk di jual lagi. kalo siap silahkan kontak kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: