Pengumuman CPNS kota salatiga bisa liat disini

29 10 2009

WALIKOTA SALATIGA
PENGUMUMAN
Nomor : 800/ 3210/ 2009

TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH
DARI PELAMAR UMUM PEMERINTAH KOTA SALATIGA
FORMASI ANGGARAN TAHUN 2009

DASAR :
1. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian,
sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999.
2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-undang Nomor
8 Tahun 2008.
3. Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri
Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun
2002.
4. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan,
Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.
5. Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 tanggal 17 Juni 2002 tentang
Ketentuan Pelaksanaan PP 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan PNS sebagaimana
telah diubah dengan PP 11 Tahun 2002.
6. Peraturan Kepala Badan Kepagawaian Negara Nomor 30 Tahun 2007 tanggal 27
Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negari
Sipil.
Bersama ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Salatiga akan menyelenggarakan
seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dari Pelamar Umum dengan ketentuan
sebagai berikut :

PERSYARATAN UMUM.
a. Warga Negara Republik Indonesia ;
b. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35
(tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2010 dan atau yang memenuhi
ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2002 yaitu berusia 35 s.d 40
tahun per 1 Januari 2010, dengan melampirkan foto copy sah surat keputusan
pengangkatan pertama s.d terakhir, dari kepala/pimpinan instansi
pemerintah/lembaga swasta nasional yang berbadan hukum dan menunjang
kepentingan nasional dibidang pelayanan dasar (pendidikan dan kesehatan),
bagi formasi guru dan tenaga kesehatan, telah mempunyai masa kerja sekurang-
kurangnya 5 (lima) tahun secara terus-menerus pada 17 April 2002 dan sampai
dengan sekarang masih bekerja.
c. Telah terdaftar pada Kantor/Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan
Kartu Pencari Kerja (AK.I) ;
d. Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang
diperlukan;
e. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan
yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan
pidana kejahatan ;

. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila,
UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia ;
g. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/anggota TNI/POLRI atau
diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
h. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian
(SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat ;
i. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter
Pemerintah;
j. Tidak pernah mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor
dan zat adiktif lainnya dibuktikan dengan Surat Keterangan dari unit pelayanan
kesehatan pemerintah;
k. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia ;
l. Apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus dalam pengumuman ujian
tertulis, sanggup mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Panitia sebesar
Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang
dibubuhi materai Rp. 6.000,-;
m. Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah instansi di luar Instansi
Pemerintah Kota Salatiga, sebelum memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya
8 (delapan) tahun dihitung sejak Pengangkatan CPNS, dibuktikan dengan Surat
Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-.

II. PERSYARATAN KHUSUS
Tenaga Kesehatan khususnya Dokter Spesialis/Dokter Umum/Dokter Gigi sesuai
peraturan Menteri Kesehatan yang berlaku wajib memiliki Surat Tanda Register
(STR).

JENIS, JUMLAH FORMASI YANG DIBUTUHKAN
PENDIDIKAN YANG DISYARATKAN
A. Tenaga Guru: 160 formasi
B. Tenaga Kesehatan: 52 formasi
C. Tenaga Teknis: 184 formasi
Secara terprinci sebagaimana lampiran I Pengumuman ini.

IV. TATA CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 30 Oktober s.d 9 Nopember 2009 dengan
menggunakan On line atau POS.
a. Pendaftaran On Line menggunakan media Internet (on line registration)
pada tanggal30 Oktober s.d 9 Nopember 2009, untuk efektifitas dan
efisiensi seleksi administrasi dengan tata cara :
1. Peserta melakukan registrasi di aplikasi pendaftaran On line CPNSD
2009 Provinsi Jawa Tengah yang ditayangkan di situs
cpns.jatengprov.go.id untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan
formulir pendaftaran, dengan urutan langkah :
a. Membuka situs cpns.jatengprov.go.id ;
b. Mencermati sub menu informasi (pengumuman, alur pendaftaran,
formasi lowong, Instansi, petunjuk pengisian dan informasi/rekap
pelamar);
c. Memilih menu pendaftaran CPNSD, kemudian mengikuti perintah
yang disediakan;
d. Memilih Instansi ( Kota Salatiga );
e. Pelamar memilih kelompok formasi (Tenaga Guru / Tenaga
Kesehatan / Tenaga Teknis);
f. Pelamar memilih satu jenis formasi yang lowong/dibuka dari
beberapa fomasi yang disediakan;
g. Pelamar mengisi biodata yang diminta;
h. Pelamar mendapatkan nomor pendaftaran secara otomatis dari
aplikasi pendaftaran

Pelamar mencetak formulir Pendaftaran sebagai salah satu
persyaratan berkas pada daftar ulang setelah yakin biodata benar.
Peserta yang telah mendapat nomor pendaftaran wajib mengirimkan
berkas pendukung satu hari setelah pendaftaran on line dan dimasukkan
dalam amplop tertutup ukuran 35 x 25 cm (sesuai contoh pada lampiran V)
yang berisi :
a. Formulir pendaftaran (dicetak melalui aplikasi on line) dan ditempeli
pas photo hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar
(pas photo ditulisi nama dan alamat pelamar disebaliknya);
b. Surat lamaran ditujukan kepada Walikota Salatiga untuk lowongan
formasi Pemerintah Kota Salatiga (ditulis tangan, tinta warna hitam,
ditandatangani dan berbahasa Indonesia) sesuai contoh pada
lampiran II ;
c. FC Ijazah dan transkrip nilai dilegalisir dan/atau ijazah/sertifikat
profesi yang dipersyaratkan;
d. FC KTP dilegalisir oleh pejabat yang berwenang serendah-
rendahnya Kepala Desa/Kepala Kelurahan tempat KTP dikeluarkan.
e. Surat pernyataan kesanggupan mengganti biaya yang telah
dikeluarkan oleh Panitia sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta
rupiah), apabila pelamar mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus
dalam pegumuman ujian tertulis yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-
(sesuai dengan formulir pada lampiran III).
f. Foto copy Surat Tanda Register (STR) bagi Pelamar Dokter Umum,
Dokter Gigi dan Dokter Spesialis
g. Bagi yang berusia 35 s.d 40 tahun melampirkan :
−FC Surat Keputusan pengangkatan pertama s.d terakhir
dilegalisir oleh Kepala Instansi;
−FC Surat Keputusan Badan Hukum Instansi yang menunjang
kepentingan nasional dibidang pelayanan dasar (pendidikan
dan kesehatan) dilegalisir bagi instansi swasta;
−Surat Keterangan pengabdian secara terus menerus sampai
dengan sekarang dari kepala instansi.
h. Amplop kecil ukuran 23 x 11 cm berperangko sebagaimana
ketentuan tarif PT. POS Indonesia yang telah dituliskan nama,
alamat lengkap dan nomor telepon/ HP sebagai balasan lamaran,
undangan mengikuti tes Tertulis dan/atau pengiriman Kartu Seleksi
(contoh penulisan terlampir V)
Berkas pendukung dikirim kepada Walikota Salatiga PO BOX CPNSD
PEMERINTAH KOTA SALATIGA 50700.
Pengiriman berkas pendukung mulai tanggal 30 Oktober s.d 9 Nopember
2009 per cap POS melalui PT. POS INDONESIA serta harus dapat
diterima oleh Tim Pengadaan CPNS paling lambat 3 (tiga) hari setelah hari
pendaftaran terakhir.
Peserta yang mendaftar akan diumumkan lulus Seleksi Administrasi
setelah diadakan koreksi berkas administrasi dan diumumkan/ditayangkan
di situs cpns.jatengprov.go.id setelah dilakukan seleksi administrasi pada
23 s.d. 25 Nopember 2009 dan diberikan Kartu Seleksi yang dikirim
melalui PT. POS Indonesia pada tanggal 23 Nopember s.d. 2 Desember
2009.
Pelamar yang telah mencetak formulir pendaftaran tidak bisa mengup-date
data isian maupun biodata.
Formulir Pendaftaran hanya dapat dicetak melalui aplikasi pendaftaran
CPNSD sebagai salah satu syarat berkas pendaftaran yang dikirim dalam
proses daftar ulang.

. Pendaftaran menggunakan cara POS, dengan tata cara :
1. Peserta melakukan pendaftaran dengan cara mengirim langsung berkas
persyaratan melalui PT. POS INDONESIA mulai tanggal 30 Oktober s.d
9 Nopember 2009 per cap POS serta harus dapat diterima oleh Tim
Pengadaan CPNS paling lambat 2 hari setelah hari pendaftaran terakhir.
2. Berkas pendaftaran dikirim kepada Walikota Salatiga PO BOX CPNSD
PEMERINTAH KOTA SALATIGA 50700
3. Peserta mengirimkan berkas pendaftaran dalam Amplop tertutup ukuran
35 x 25 cm, pada pojok kiri atas ditulis jenis formasi yang dilamar, kode
formasi sesuai pengumuman dan Nomor Register Pendaftaran
(sebagaimana contoh pada lampiran V), dengan isi berkas :
a. Berkas administrasi, meliputi :
1. Surat lamaran (ditulis tangan tinta hitam ditandatangani dan
berbahasa Indonesia) sesuai contoh pada lampiran II
2. FC Ijazah dan transkrip dilegalisir dan /atau ijazah/sertifikat
profesi yang dipersyaratkan
3. FC KTP dilegalisir oleh pejabat yang berwenang serendah-
rendahnya Kades/Kalur
4. Pas Photo hitam putih 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar dan
ditulisi nama dan alamat pelamar disebaliknya serta ditempel
pada formulir pas photo (sebagaimana terlampir pada
lampitan IV)
5. Surat pernyataan kesanggupan mengganti biaya yang telah
dikeluarkan oleh Panitia sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh
juta rupiah), apabila pelamar mengundurkan diri setelah
dinyatakan lulus dalam pegumuman ujian tertulis yang
dibubuhi materai Rp. 6.000,- (sesuai dengan formulir pada
lampiran III).
6. FC Surat Tanda Register (STR) bagi pelamar Dokter umum,
Dokter gigi dan Dokter spesialis.
7. Bagi yang berusia lebih 35 s.d 40 tahun melampirkan :
a. FC Surat Keputusan pengangkatan pertama s.d terakhir
dilegalisir oleh Kepala Instansi;
b. FC Surat Keputusan Badan Hukum Instansi yang
menunjang kepentingan nasional dibidang pelayanan
dasar (pendidikan dan kesehatan) dilegalisir bagi
instansi swasta.
c. Surat Keterangan pengabdian secara terus menerus
sampai dengan sekarang dari kepala instansi.
b. Amplop ukuran 23 x 11 cm berperangko sebagaimana ketentuan tarif
PT. POS Indonesia yang telah ditulis nama, alamat lengkap dan
nomor telpon/ HP pelamar sebagai balasan lamaran, undangan
mengikuti tes Tertulis dan/ atau pengiriman Kartu Seleksi.
4. Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Kartu Seleksi yang
dikirim melalui PT. POS Indonesia pada tanggal 23 Nopember s.d.
2 Desember 2009.

V. KELENGKAPAN PERSYARATAN.
a. Surat lamaran harus menuliskan data yang lengkap, sebagai berikut :
1. Nama Lengkap (tanda gelar) ;
2. Jenis Kelamin ;
3. Tempat/ Tanggal lahir ;
4. Alamat Jelas (Jalan, Dukuh/ Kampung, RT/ RW, Kelurahan, Kecamatan,
Kabupaten dan Provinsi);
5. Nomor telepon Rumah dan HP bila ada (telepon yang mudah dihubungi)
6. Mencantumkan formasi yang dilamar dan kualifikasi pendidikan yang
dipersyaratkan.

b. Berkas administrasi yang tidak/kurang lengkap atau tidak memenuhi
persyaratan, dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi (TMS) dan panitia
tidak menerima susulan kelengkapan berkas.
c. Pendaftar hanya diperbolehkan melamar dengan satu cara (On Line atau melalui
POS)
d. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan diberikan surat balasan
melalui POS tertanggal 23 Nopember s.d. 2 Desember 2009 dan ditayangkan
melalui situs cpns.jatengprov.go.id (hanya dapat diakses bagi yang mendaftar
melalui sistem on line).
PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI.
a. Ujian tertulis dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Desember 2009, dengan
jadwal sebagai berikut :
1. Peserta memasuki ruangan08.00 WIB
2. Penjelasan pelaksanaan ujian dan pembacaan tata tertib ujian 08.15 WIB
3. Pembagian Soal dan pelaksanaan ujian TPU08.30 WIB
4. Pengumpulan LJK dan soal ( Ujian selesai TPU)10.30 WIB
5. Istirahat
6. Peserta memasuki ruangan10.45 WIB
7. Pembagian Soal dan pelaksanaan ujian TPI11.00 WIB
8. Pengumpulan LJK dan soal ( Ujian selesai TPI)13.00 WIB
b. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian Seleksi :
1. Asli Kartu / Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2009 dan Asli Kartu Tanda
Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Peserta yang tidak membawa perlengkapan tersebut di anggap tidak
mengikuti ujian/dinyatakan gugur.
3. Peserta wajib mengenakan pakaian yang sopan dan bersepatu, serta
dilarang merokok, membawa bantu alat hitung dan mengaktifkan alat
komunikasi dalam waktu mengerjakan ujian.
4. Pensil 2B, rautan dan Karet Penghapus serta Ballpoint dan Alas tulis
c. Peserta yang terlambat lebih dari 15 menit setelah waktu peserta ujian memasuki
ruangan (Ujian TPU pukul 08.00 WIB dan Ujian TPI pukul 10.45 WIB), tidak
diperbolehkan memasuki tempat ujian dan dinyatakan gugur.

VII. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
a. Peserta lulus didasarkan pada hasil ujian tertulis sesuai urutan rangking tertinggi
per jenis formasi.
b. Hasil seleksi akan diumumkan oleh Tim Pengadaan CPNSD Provinsi Jawa
Tengah melalui media massa (cetak dan elektronik), internet dan papan
pengumuman pada kantor Pemerintah se Jawa Tengah pada tanggal
23 Desember 2009.

VIII. LAIN- LAIN
a. Seluruh proses pengadaan CPNS, tidak dipungut biaya dan bebas dari korupsi,
kolusi, nepotisme.
b. Pendaftar hanya dapat melamar satu jenis formasi yang kosong pada satu
instansi (pelaksanaan tes tertulis serempak se Jawa Tengah).
c. Panitia tidak akan memproses berkas pendaftaran yang dikirimkan tidak melalui
PT POS.
d. Biaya jasa pengiriman pendaftaran dan balasan menjadi tanggungjawab pelamar,
yang disyaratkan oleh PT POS Indonesia Wilayah Jawa Tengah dan DIY lewat
layanan khusus pendaftaran CPNSD.
e. Pengiram berkas pendukung dan pendaftaran dengan cara peserta datang
langsung ke kantor Pos pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB.

f. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan
Keterangan PALSU dinyatakan Tidak LULUS / GUGUR dan akan dikenakan
sanksi hukum yang berlaku.
g. Selama proses pengadaan CPNS tidak menerima berkas lamaran yang
dikirimkan secara langsung.
h. Seluruh dokumen yang telah diserahkan, menjadi milik Panitia dan tidak dapat
diminta kembali.
i. Keputusan Tim Fasilitasi Pengadaan CPNSD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009
tidak dapat diganggu gugat.
Salatiga, 23 Oktober 2009
A.n WALIKOTA SALATIGA
Plt. Sekretaris Daerah
Asisten Administrasi Umum
SUKIMAN, SE
Pembina Tk. I
NIP. 19541229 198510 1 001

atau jika ingin mendownload sendiri biar marem dan puas di situs pemerintah kota salatiga silahkan klik disini


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: